Sabtu, 26 Oktober 2013

Direct Manipulation and Virtual Environments - Interaksi Manusia Komputer

-Direct Manipulation

karakteristik manipulasi langsung adalah penyajian langsung aktifitas sistem pada pengguna ketika pengguna memberi ins`truksi langsung (semacam kenyataan maya (viirtual reality) yang terpampang lewat tampilan dilayar) maka dikerjakan langsung oleh sistem komputer

-Virtual Environments

sebuah teknik untuk menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer dari bagaimana cara sistem lain, aplikasi atau pengguna berinteraksi dengan sumber daya tersebut. Hal ini termasuk membuat sebuah sumber daya tunggal (seperti server, sebuah sistem operasi, sebuah aplikasi, atau peralatan penyimpanan terlihat berfungsi sebagai beberapa sumber daya logikal; atau dapat juga termasuk definisi untuk membuat beberapa sumber daya fisik (seperti beberapa peralatan penyimpanan atau server) terlihat sebagai satu sumber daya logikal



-Keuntungan dan kerugian penggunaan dialog berbasis manipulasi langsung

Keuntungan :
Mempunyai analogi yang jelas dengan suatu pekerjaan nyata.
Mengurangi waktu pembelajaran.
Memberikan tantangan untuk eksplorasi pekerjaan yang nyata.
Penampilan visual yang bagus.
Mudah dioperasikan.
Tersedianya berbagai perangkat bantu untuk merancang ragam dialog manipulasi langsung

Kerugian :
Memerlukan program yang rumit dan berukuran besar.
Memerlukan tampilan grafis ber-kinerja tinggi.
Memerlukan piranti masukan seperti mouse, track ball.
Memerlukan perancangan tampilan dengan kualifikasi tertentu.

Contoh dari Direct Manipulation:
SPREADSHEET : Lembar kerja yang menampilkan data yang dapat dimanipulasi dalam bentuk kolom dan baris yang mendukung makro atau baris.  Contohnya adalah  MS. Excell, Open Office Calc.
VIDEO GAMES : Bidang aksi visual yang membangkitkan minat. Perintah berupa aksi fisik dan hasilnya langsung  terlihat . Contoh  : Playstation, Nitendo Wii, Xbox

.COMPUTER – AIDED DESIGN : Digunakan untuk merancang mobil, rangkaian elektronik, arsitektur, pesawat terbang. Aplikasi ini menyenangkan karena dapat digunakan untuk objek yang ingin dimanipulasi secara langsung. Berhubungan : Computer-Aided Manufacturing (CAM).



Prinsip Direct Manipulation:
Representasi terus menerus dari objek dan tindakan kepentingan dengan metafora visual yang bermakna.
Tindakan fisik atau menekan tombol berlabel, bukan sintaks yang kompleks.
Cepat, tindakan reversibel yang efeknya pada obyek yang menarik terlihat segera.

3D Interfaces:

Dalam interaksi pengguna 3D (3DUI) atau user interface 3D (3DUIs) manusia berinteraksi dengan komputer dengan aspek ruang tiga dimensi. Dengan akarnya dalam virtual reality, 3DUI kini secara luas dianggap untuk merujuk kepada banyak domain yang berbeda sepanjang kontinum virtuality atau istilah umum untuk interaksi dalam antarmuka berbasis realitas

3D modeling:



3D modeling adalah proses mengembangkan matematika representasi dari setiap tiga-dimensi benda (baik benda mati atau hidup) melalui perangkat lunak khusus. Produk ini disebut sebagai model 3D. Hal ini dapat ditampilkan sebagai gambar dua dimensi melalui proses yang disebut 3D rendering atau digunakan dalam komputer simulasi fenomena fisik. Model juga dapat secara fisik dibuat menggunakan perangkat Printing 3D. Model dapat dibuat secara otomatis atau manual. Manual proses pemodelan geometris mempersiapkan data untuk komputer grafis 3D mirip dengan seni plastik seperti mematung.


Layout dan Animasi:
Layout meliputi: sudut penataan kamera, lighting, dan shading.
Animasi digambar dengan pensil berwarna di banyak kertas. Perlu diperhatikan juga detail gerakan, penyesuaian waktu, dan penyesuaian gerakan mimik muka dan mulut.

3D Rendering:



3D Rendering merupakan proses untuk membentuk sebuah gambar dari sebuah model yang dibentuk oleh perangkat lunak animasi, model tersebut berisi data geometri, titik pandang, tekstur dan cahaya yang diperlukan untuk membuat gambar yang utuh.

Virtual Reality:



Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.

Augmented Reality:



Augmented adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, namun Augmented Reality hanya menambahkan atau melengkapi kenyataan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar